Dewan Perwakilan Derah (DPD); Menurut UU Negara Republik IndonesiaTahun 1945 Subarjo

Posted by Belibuku.web.id Kamis, 01 Desember 2011 0 komentar
DPD subarjo
Dewan Perwakilan Derah (DPD); Menurut UU Negara Republik IndonesiaTahun 1945 - Keberadaan DPD telah membangkitkan harapan masyarakat di daerah bahwa kepentingan daerah dan masalah-masalah daerah dapat diangkat dan diperjuangkan di tingkat nasional. Namun harapan-harapan itu menjadi pudar setelah DPD mengalami proses politik di MPR, di mana fraksi-fraksi ada yang setuju DPD diberi kewenangan yang sama dengan DPR dan ada pula yang tidak setuju DPD diberi status sebagai lembaga legislatif bahkan, akhirnya semua fraksi melalui kompromi politik setuju DPD diberi kewenangan terbatas. Kewenangan terbatas itulah yang sampai hari ini menimbulkan kontroversial di kalangan publik, terutama para politisi, praktisi maupun akademisi yang ujung-ujungnya mengarah pada amandemen kelima UUD 1945. Harapan kedepan adalah lembaga perwakilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi lembaga perwakilan dengan sistem bikameral murni melalui amandemen kelima UUD 1945.
Terkait dengan terbitnya buku ini penulis mencoba mengkaji fungsi dan kewenangan DPD dalam UUD 1945, dan mencoba memberikan solusinya melalui amandemen kelima karena titik lemah DPD ada pada konstitusi bukan pada Undang-Undang Organiknya.
ISBN : 978-979-756-826-9
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 57.800,00
Halaman : VIII+224
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dewan Perwakilan Derah (DPD); Menurut UU Negara Republik IndonesiaTahun 1945 Subarjo
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/12/dewan-perwakilan-derah-dpd-menurut-uu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.