Kenali Kepribadian Anda Saludin Muis

Posted by Belibuku.web.id Kamis, 01 Desember 2011 0 komentar

Kenali Kepribadian Anda Saludin Muis - Salah satu yang menyebabkan suatu proyek unik adalah tim proyek dari waktu ke waktu yang tidak bisa selalu sama. Anda sebagai Project Manager (PM) tidak bisa serta merta meminta ke top manajemen di kantor agar proyek anda memiliki personel yang sama dengan proyek anda sebelumnya.
Dengan personel yang sepenuhnya baru, akan menjadi tantangan bagi seorang PM untuk mempelajari kepribadian masing-masing orang dalam tim, agar membentuk tim proyek yang solid. Semakin cepat seorang PM mempelajari kepribadian personelnya, maka semakin cepat pula pembentukan sebuah tim ke kondisi perform.
Setiap manusia dilahirkan dengan sifat dan karakter yang berbeda, Ada kurang lebih 5000 sifat dalam diri setiap manusia yang berbaur secara amat bervariasi yang membuat masing-masing kita menjadi unik. pembentukan sifat dasar tersebut terjadi saat proses perkawinan sperma dengan sel telur. Pada saat itu kita mewarisi kombinasi unik dari kepribadian orang tua kita melalui gen-gen mereka. Misal sifat dasar kita yang penting yaitu introvert atau ekstrovert. Dan semua sifat kepribadian manusia tersimpan dalam otak.
Kepribadian setiap manusia akan berkembang, jika pada masa anak-anak kita mulai dapat pegangan siapa diri kita, maka pada saat awal masa puber akan terjadi pembelokan sifat kepribadian manusia dan sebagian sifat remaja tetap ada sampai dewasa.
Metode yang efisien untuk mengetahui kepribadian personel tim proyek anda adalah dengan mengajaknya ngobrol secara pribadi. Luangkan waktu anda untuk ngobrol dengan tim anda diluar masalah proyek, Hal ini selain membuat tim anda merasa dihargai, juga akan terjalin hubungan kekeluargaan yang erat dengan anda, tidak sebatas hubungan kerja antara atasan dengan bawahan. Tanyakan asalnya, keluarganya, masa remajanya, atau pancing dia untuk bercerita tentang hobi dan kesenangannya.
Sebagai contoh seorang tim proyek yang bercerita bahwa pada masa remajanya mempunyai hobi mendaki gunung dan bermain arus jeram, menyukai kegiatan-kegiatan yang sifatnya menegangkan dan menantang, baginya menegangkan memberikan kesenangan pada dirinya. Maka jika anda mengetahui teori bahwa sifat masa remaja akan tetap terbawa saat dewasa, maka orang yang seperti ini cocok untuk anda arahkan untuk pekerjaan pekerjaan yang rumit, yang menantang dan penuh resiko. Dan kemungkinan besar jenis orang seperti ini akan menjadi pengambil resiko seumur hidupnya. Menarik bukan?
Jika anda menemui anggota tim anda yang pemurung dan pendiam yang sangat kuat, itu bisa terjadi pengaruh yang kuat di masa anak-anaknya. Jika anda tahu teorinya, anda bisa mengubah kepribadiannya dalam waktu singkat untuk untuk mengemban misi yang anda instruksikan padanya. Yaitu dengan mengubah suasana hati yang bisa memicu asosiasi dalam otak. Berikan musik yang bertema riang, gembira dan optimis. Ajak menonton film-film yang memberikan suntikan semangat. Dan yang paling efektif adalah terapi dengan kata-kata mutiara yang memberikan inspirasi dan semangat. Musik, film, dan kata-kata di atas akan memberikan rangsangan pada batang otak yang berada di pangkal otak untuk melepas zat serotonin dalam jumlah besar, dan menimbulkan perasaan senang pada diri seseorang. Metode mengubah suasana hati ini sudah banyak dipraktekkan dan berhasil mengubah kepribadian sesorang untuk sementara waktu. Perlu recharge secara teratur.
Mempelajari ilmu kepribadian manusia cukup penting mengingat proyek sejatinya adalah manajemen manusia, anda tidak bisa bekerja sendiri untuk mencapai mimpi anda, anda harus menyelaraskan atau memodifikasi kepribadian tim anda untuk bisa menggantikan impian mereka dengan impian anda.
Kenali Kepribadian Anda dan Permasalahannya dari Sudut Pandang Teori Psikoanalisa
Saludin Muis
ISBN : 978-979-756-436-0
Tahun terbit : 2008
Harga : Rp 38.800,00
Halaman : XVI+160
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kenali Kepribadian Anda Saludin Muis
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/12/kenali-kepribadian-anda-saludin-muis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.