Studi Ilmu Politik Anthonius Sitepu

Posted by Belibuku.web.id Kamis, 01 Desember 2011 0 komentar
studi ilmu politik sitepu
Studi Ilmu Politik Anthonius SitepuPerkembangan ilmu politik mengalami kemajuan yang pesat sesudah Perang Dunia Kedua. Terdapat dua pandangan yang berkaitan dengan munculnya ilmu politik sebagai disiplin ilmu. Pertama, pandangan yang melihat bahwa ilmu politik merupakan salah satu bagian dari pengetahuan sosial lainnya. Kedua, pandangan yang menganggap bahwa ilmu politik lahir pada akhir abad 19-an. Dalam perkembangannya, dipengaruhi oleh ilmu-ilmu sosial lain, yakni sosiologi, psikologi, ilmu hukum dan sebagainya yang kesemuanya berkembang sesuai dengan keinginan untuk mempelajari fenomena sosial secara lebih rinci. Maka dalam perkembangannya itu, tidak dapat dihindari pengaruhnya (ilmu-ilmu sosial) terhadap ilmu sosial lainnya dalam hal ini misalnya ilmu politik yang memperoleh sumbangan yang sangat besar dan berharga dari filsafat, sejarah, sosiologi, psikologi, dan ilmu hukum. Maka dengan suasana seperti itu ilmu politik tampaknya telah menyatukannya menjadi ilmu yang memiliki cakrawala dan spektrum yang sangat luas.
Karenanya pembidangan dalam ilmu politik terasa semakin penting, dengan harapan agar dengan melalui pembidangannya, ilmu politik dapat memusatkan perhatiannya pada gejala-gejala yang lebih luas ataupun lebih khusus. Pembidangan ini sebenarnya bukanlah merupakan sesuatu yang asing dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Sebagai ilmu pengetahuan, ilmu politik merupakan salah satu cabang ilmu-ilmu sosial yang telah berdiri sendiri.
Bertolak dari keragaman aspek yang dibahas dalam ilmu politik, buku ini dibagi menjadi beberapa tema.

Bagian pertama: politik, pemerintahan, sistem politik dan rezim, ideologi politik, demokrasi, negara, politik internasional, dan politik lokal.

Bagian kedua: politik global dan politik lokal, regionalisme dan politik dalam negeri.

Bagian ketiga: Interaksi dan dinamika politik.

Bagian keempat: mekanisme dan pranata-pranata pemerintahan.

Studi Ilmu Politik 
Anthonius Sitepu
ISBN : 978-979-756-823-8
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 67.800,00
Halaman : XII+250
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Studi Ilmu Politik Anthonius Sitepu
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/12/studi-ilmu-politik-anthonius-sitepu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.