Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik MuhlisMadani

Posted by Belibuku.web.id Senin, 09 April 2012 0 komentar

Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik
buku ini hadir karena Telah dipahami oleh berbagai kalangan bahwa permasalahan penyusunan kebijakan APBD sesungguhnya terletak pada interaksi aktor yaitu pemerintah daerah dan DPRD di mana masing-masing memiliki kewenangan yang pada akhirnya mempengaruhi proses penetapan kebijakannya. Pola interaksi Pemerintah Daerah dengan DPRD dalam proses penyusunan kebijakan publik sangat penting dipelajari dan ditelaah secara lebih mendalam agar dapat dilihat kecenderungan dan pola interaksi yang terjadi untuk menciptakan proses perumusan kebijakan yang lebih konsisten dan logis. Pada umumnya interaksi pada tahapan pembahasan di panitia anggaran dan di tingkat komisi cenderung lebih dominatif dari pihak DPRD. Sementara itu, pada tahapan perumusan KUA dan PPA justru legitimasi pemerintah daerah lebih dominan. Pada sisi lain interaksi kompromistik lebih banyak terjadi pada saat pembahasan akhir anggaran yang dibahas pada masing-masing SKPD yang ada. Perilaku aktor dalam proses penyusunan kebijakan APBD secara langsung memberikan implikasi terhadap proses perumusan APBD yang dilakukan.
Oleh karena itu buku Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik Muhlis Madani ini telah menjelaskan secara dialektis bagaimana masing-masing aktor menekankan pola interaksi yang dimiliki serta perspektif perilaku yang ditampilkan, sehingga dapat dipelajari kearah mana konsep penetapan APBD yang tercipta. Hal ini perlu diketahui oleh para pelaku kebijakan baik di tingkat eksekutif maupun legislatif. Demikian pula perlu dipelajari oleh para akademisi dan siapapun yang berkepentingan untuk mempelajari proses interaksi aktor pada kasus APBD.

Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik

Muhlis Madani

ISBN : 978-979-756-736-1
Tahun terbit : 2011
Harga : Rp 54.800
Halaman : XIV+214
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik MuhlisMadani
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/04/dimensi-interaksi-aktor-dalam-proses.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.