Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif PendekatanPembelajaran Matematika Ariyadi Wijaya

Posted by Belibuku.web.id Minggu, 07 Agustus 2011 0 komentar

Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika -Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan suatu program asesmen skala internasional yang memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah mereka pelajari. Berdasarkan tujuan tersebut, PISA menggunakan soal-soal yang berkaitan dengan dunia nyata (real-world problem). Indonesia telah berpartisipasi sejak PISA pertama di tahun 2000, namun hasil yang dicapai siswa Indonesia masih jauh dari memuaskan. Siswa Indonesia menempati ranking 39 dari 41 negara dalam PISA Matematika tahun 2000. Pada PISA 2003 siswa Indonesia menduduki ranking 38 dari 40 negara. Pada PISA 2006 dan PISA 2009, secara berturut-turut siswa Indonesia pada posisi 50 dari 57 negara dan 61 dari 65 negara.

Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang sejalan dengan tujuan PISA dalam menempatkan penerapan konsep matematika sebagai aspek penting dalam pembelajaran matematika adalah Pendidikan Matematika Realistik. Pendidikan Matematika Realistik suatu pendekatan pembelajaran yang dilandasi oleh pandangan Hans Freudenthal, yaitu menempatkan matematika sebagai suatu bentuk aktivitas manusia (mathematics as a human activity). Pendidikan Matematika Realistik tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematika, namun juga bisa mengembangkan kreativitas dan kemampuan komunikasi siswa.
Buku ini tidak hanya membahas sisi teoritis dari Pendidikan Matematika Realistik, namun dilengkapi juga dengan beberapa contoh penggunaan Pendidikan Matematika Realistik.
Penulis: Ariyadi Wijaya
ISBN : 978-979-756-797-2
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 28.800,00
Halaman : X+98
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif PendekatanPembelajaran Matematika Ariyadi Wijaya
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/08/pendidikan-matematika-realistik-suatu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.