Pengembangan Human Capital; Perspektif Nasional, Regional dan Global Sanerya Hendrawan

Posted by Belibuku.web.id Rabu, 10 Agustus 2011 0 komentar
Persaingan antarnegara bangsa yang terasa semakin meningkat di awal abad ke 21 ini telah mendorong pencarian yang semakin mendalam terhadap berbagai faktor strategis yang menopang daya saing global. Mulai penguasaan sumberdaya alam, pemilikan infrastruktur dasar, teknologi, hingga pada keunggulan manusia secara utuh. Kecenderungan ini menunjukkan pergeseran penekanan persaingan; dari yang berbasis tangible ke intangible capital, dari hard ke soft resources, dari material, intelectual, emosional, hingga akhirnya spiritual capital. Semua pergeseran ini memberi arti semakin penting bagi peran human capital dalam penentuan daya saing global sebuah negara bangsa.
Perkembangan pemikiran ini menunjukkan, betapa dalam persaingan yang semakin kompleks dan dinamis. Faktor manusia hanya bisa memberikan return yang terbaik kepada bangsanya: (1) manakala seluruh potensi kemanusiannya berkembang secara penuh (intelektual, emosional, spiritual); (2) yang kemudian termanfaatkan secara baik dan benar dalam kerangka sistem ekonomi, sosial, politik (kekuasan) yang efisien, efektif, dan adil dari negara bangsanya; (3) dalam konteks struktur peluang regional dan global yang sehat dan dinamis, yang memungkinkan setiap bangsa berpartisipasi dalam ruang persaingan yang wajar. Dengan demikian, isu human capital dan pengembangannya harus dipahami dari sudut manusia secara utuh (integral), karakter pelembagaan sebuah masyarakat tertentu (institutionalization), dan tata kelola yang berstruktur multilevel (national, regional, global governance).
Buku ini memaparkan berbagai pemikiran tentang pengembangan human capital dari perspektif nasional, regional, dan global, yang telah dikembangkan dan diseminarkan dalam kerangka Dies Emas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan pada 16 Juni 2011.
ISBN : 978-979-756-804-7
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 69.800,00
Halaman : XX+232

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengembangan Human Capital; Perspektif Nasional, Regional dan Global Sanerya Hendrawan
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/08/pengembangan-human-capital-perspektif.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.