Penjadwalan Mesin Rosnani Ginting

Posted by Belibuku.web.id Selasa, 02 Agustus 2011 0 komentar


Perencanaan dan penjadwalan merupakan bagian yang penting dari proses produksi sebelum pekerjaan turun ke bagian fabrikasi. Sistem penjadwalan yang kurang baik dapat menghambat penyelesaian produk yang pada akhirnya dapat menurunkan nilai volume produksi (troughput) yang dihasilkan.

Pertamina UP VI Balongan Indramayu sebagai salah satu industri refinery minyak bumi yang memiliki sistem produksi berbentuk flow production mengolah berbagai produk Bahan Bakar Minyak (BBM), non-BBM, maupun Bahan Bakar Khusus (BBK) menjadi salah satu kontribusi objek penelitian mengenai persoalan penjadwalan untuk n job m mesin dengan banyak lintasan dengan menentukan titik konstrain (core constrain) dan selanjutnya mengelola sistem konstrain tersebut. Gap atau istilah lainnya Capacity Constrained Resources (CCR) adalah sumber yang apabila tidak diatur dan dijadwalkan dengan tepat, maka akan mengakibatkan aliran produksi di dalam pabrik akan berubah dari aliran produk yang telah direncanakan. Segala macam gangguan dalam proses produksi akan mengakibatkan CCR menjadi idle atau bottleneck. Supaya hal tersebut tidak terjadi maka diperlukan management buffer yang melindungi CCR tidak menjadi idle atau bottleneck.

 

Delay time dan overload (kelebihan kapasitas) pada salah satu sumber pada unit CDU (Crude Destillation Unit) merupakan identifikasi konstrain pada stasiun konstrain akibat penumpukan beban pengerjaan pada satu sumber yang mengakibatkan sumber mengalami Bottleneck dan berimplikasi terhadap utilitas mesin yang terbebani terlalu tinggi.

Dengan menggunakan Sistem Penjadwalan Heuristik berdasarkan pengembangan pendekatan DBR (prisip TOC) diupayakan dapat menjadi alternatif sistem penjadwalan di sistem refineryuntuk mereduksi completion time sumber konstrain dengan meminimalisasi utilitas mesin yang terlalu tinggi. Metode heuristik sendiri biasa digunakan untuk menyelesaiakan persoalan riil dengan ukuran besar. Meskipun tidak ada jaminan bahwa solusi yang diperoleh adalah solusi yang optimal, namun banyak digunakan karena penyelesaiannya yang cukup sederhana. Metode Minimasi Gap dikembangkan oleh Jhonny C. Ho dan Yih Long Chang dari College ofManagement Georgia Institute of Technology, Atlanta. Perhitungan ukuran optimal dari timebuffer menggunakan pendekatan sistem antrian dari Zijm. Hal ini didasarkan pada pengidentifikasian jumlah optimal unit yang mengantri di depan server (ukuran optimal dari time buffer) yang akan mempertahankan keuntungan maksimal dalam operasi sekaligus tetap melindungi gap/CCR.

Prinsip dari metode minimasi gap adalah menghilangkan gap/CCR yang terjadi pada operasi yang berturut-turut, sehingga dapat diharapkan akan diperoleh jadwal dengan makespan yang lebih baik. Untuk itu, diperlukan penjadwalan awal sebagai solusi awal yang akan dievaluasi. Pada penelitian ini jadwal awal dilakukan dengan menggunakan metode Ho dan Yih Long Chang sebagai output incumbent solution. Sedangkan kriteria pengukuran yang digunakan adalah minimasi makespan dan reduksi utilitas mesin.

Penjadwalan dengan pendekatan DBR ternyata memberikan hasil makespan refinery yang cenderung lebih panjang dari penjadwalan aktual karena memasukan variabel buffer dalam perhitungan. Walaupun demikian, alternatif penjadwalan dengan pendekatan DBR yang telah dibuat dapat dikembangkan lebih lanjut terutama dalam mendeteksi titik konstrain yang terjadi dan dapat diterapkan dalam lingkungan refinery dengan tingkat ketidakpastian dan variabilitas waktu proses yang tinggi.

Penjadwalan Mesin
Rosnani Ginting
ISBN : 978-979-756-466-7
Tahun terbit : 2009
Harga : Rp 58.800,00
Halaman : x+272

Sinopsis :
Harga belum termasuk diskon dan ongkos kirim
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penjadwalan Mesin Rosnani Ginting
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2011/08/penjadwalan-mesin-rosnani-ginting.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.