Dialektologi Ida Zulaeha

Posted by Belibuku.web.id Sabtu, 19 Mei 2012 3 komentar



Pada dasarnya dialektologi merupakan ilmu tentang dialek; atau cabang dari linguistik yang mengaji perbedaan-perbedaan isolek dengan memerlakukan perbedaan tersebut secara utuh. Istilah isolek dalam pengertian ini digunakan sebagai istilah netral untuk perbedaan dialek atau bahasa, seperti yang disarankan oleh Hudson. Dialektologi adalah cabang linguistik yang memelajari variasi-variasi bahasa dengan memerlakukannya sebagai struktur yang utuh .

Dialektologi ingin memelajari serta membanding-bandingkan bahasa-bahasa yang masih serumpun untuk mencari titik persamaan dan titik-titik perbedaannya. Dialektologi disebut pula variasi bahasa berdasarkan geografi, tetapi hendaknya kita ingat bahwa dialektologi tidak sama dengan studi tentang dialek.

Dialektologi sebenarnya merupakan salah satu cabang dari Linguistik Historis. Keduanya cenderung menelaah masalah kesejarahan ragam-ragam bahasa (Poedjosoedarmo dalam Laksono, 2009: 1). Secara umum, dialektologi bisa dinamakan sebagai sebuah kajian tentang dialek-dialek suatu bahasa. Sedangkan definisi secara luas, penelitian tentang dialektologi berupaya untuk menjelaskan tentang perbedaan pola-pola linguistic, baik yang dilakukan secara diatopis yang mencakup variasi geografis maupun yang dilakukan secara sintopis, yang melibatkan factor-faktor social.


Buku Tentang Dialektologi Dialek Geografi & Dialek Sosial
Penulis : Ida Zulaeha
Penerbit Graha Ilmu
ISBN : 978-979-756-581-7
Tahun terbit : 2009
Harga : Rp 27.800,00
Halaman : x+130
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dialektologi Ida Zulaeha
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/buku-tentang-dialek-geografi-dialek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

Iwan Miran Blog mengatakan...

terima kasih sangat membantu

mulisaaldiano mengatakan...

terima kasih atas artikelnya kemarin saya mencari buku dialektologi karya Ida Zulaeha di Toko Buku sudah habis

Hetilaniar mengatakan...

Terima kasih Prof, saya sudah punya buku ini. Sangat bermanfaat untuk disertasi saya

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.