Lembaga Keuangan Mikro Syariah Muhammad

Posted by Belibuku.web.id Minggu, 20 Mei 2012 0 komentar


Lembaga Keuangan Mikro Syariah - Usaha ekonomi mikro telah menunjukkan potensi diri tampil sebagai pilar penyangga ekonomi nasional. Tapi tidak semua lembaga keuangan mikro memiliki concern yang serius dalam membantu pendanaan untuk survivalitas usaha. Kondisi ini diperparah krisis ekonomi dan keuangan global yang membawa efek domino secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja lembaga keuangan bank. Akibatnya lembaga keuangan formal, bank, semakin ketat dalam menerapkan prinsip prudential banking system dan lebih selektif dalam mengucurkan dana pembiayaan, terutama bagi usaha sektor riil.
Menyikapi realitas ini,  Lembaga Keuangan Mikro Syariah kecil seperti BMT dan sejenisnya tumbuh sebagai lembaga micro banking. Layanan lembaga keuangan mikro (LKM) ini secara de facto telah menunjukkan kemampuan untuk mengubah kondisi ekonomi masyarakat akar rumput (grass root) yang semula berorientasi konsumtif berubah menjadi produktif serta memiliki kebiasaan untuk menabung bahkan menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk dana IKS. Pada sisi lain, lembaga keuangan mikro turut berperan sebagai mediasi dalam menghimpun dan menyalur dana zakat, infak dan shadakah dari masyarakat sekitarnya.
Buku Lembaga Keuangan Mikro Syariah ini menunjukan peran nyata BMT sebagai lembaga keuangan mikro mengubah mindset masyarakat. Lembaga ini memiliki mekanisme kontrol yang jelas terhadap masyarakat akar rumput yang menerima dan mengembangkan dana zakat baik untuk tujuan konsumtif maupun produktif. Sedangkan sebagai lembaga keuangan mikro yang menawarkan jasa keuangan bagi masyarakat akar rumput, LKM syari'ah memiliki sejumlah karakteristik dan mekanisme operasional yang berbeda dari lembaga keuangan pada umumnya.

Buku Tentang : Lembaga Keuangan Mikro Syariah Pergulatan Melawan Kemiskinan & Penetrasi Ekonomi Global
Penulis : Muhammad
Penerbit : Graha Ilmu Yogyakarta

ISBN : 978-979-756-523-7
Tahun terbit : 2009
Harga : Rp 27.800,00
Halaman : x+130
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lembaga Keuangan Mikro Syariah Muhammad
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/lembaga-keuangan-mikro-syariah-muhammad.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.