Prinsip-prinsip Ekonomi Islam Muhammad

Posted by Belibuku.web.id Minggu, 20 Mei 2012 1 komentar


Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam merupakan salah satu mata kuliah profesi yang diajarkan pada Program Studi Ekonomi Syariah. Buku ini ditulis dalam rangka memenuhi kekurangan dan kelangkaan referensi atau acuan dalam mempelajari mata kuliah dimaksud. Meskipun penyajian materi dalam buku ini sederhana, namun tetap mengacu pada pada substansi dan inti kurikulum dan silabis yang diajarkan untuk mata kuliah bersangkutan.
Buku Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam ini terdiri dari enam bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Bab pertama, menyajikan hakikat atau ontologi, konfigurasi dan azas-azas ekonomi Islam. Problematika ekonomi kontemporer yang diangkat dalam bab dua menyajikan beberapa sub bahasan meliputi problema paradigma keilmuan, problema ekonomi sebagai disiplin ilmu bebas nilai, problema ketimpangan sosial ekonomi antara negara. Pada bagian akhir bab ini mempresentasikan nilai-nilai Islam sebagai tawaran ke arah reorientasi ekonomi sejati.
Bab tiga buku Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam ini secara khusus membahas permasalahan aktual di seputar trend liberalisasi dan permasalahan ekonomi dengan sub bahasan berupa hakikat liberalisasi, isi liberalisasi dan implikasi terhadap ekonomi mikro.
Bab empat menyajikan landasan Islam dalam pembangunan ekonomi yang terdiri dari landasan filosofis, landasan etika dan moral, landasan ekonomi dan bisnis dan landasan sosial.
Dua bab terakhir yaitu bab lima dan bab enam menyoroti bagaimana nilai-nilai agama bisa memformat pembangunan ekonomi secara ideal. Secara khusus dalam bab enam menawarkan paradigma Islam dalam pemberdayaan ekonomi mikro.

Buku Tentang : Prinsip-prinsip Ekonomi Islam
Penulis : Muhammad
Penerbit : Graha Ilmu Yogyakarta
ISBN : 978-979-756-246-5
Tahun terbit : 2007
Harga : Rp 26.800,00
Halaman : VIII+124
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Prinsip-prinsip Ekonomi Islam Muhammad
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/prinsip-prinsip-ekonomi-islam-merupakan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Belibuku.web.id mengatakan...

sama-sama gan....

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.