Penulisan Sastra Kreatif Heru Kurniawan

Posted by Belibuku.web.id Sabtu, 19 Mei 2012 0 komentar



Buku Penulisan Sastra Kreatif ini tercipta karena kegelisahan kami: pertama, kenyataan animo mahasiswa yang besar dan bersemangat dalam mengikuti mata kuliah ini, tetapi ketika diberi tugas untuk menulis sastra kreatif, rasanya menjadi ogah-ogahan bahkan ada yang ketahuan copy paste dari karya orang lain atau temannya. Ini menunjukkan kesenjangan antara keinginan dan kenyataan yang jauh karena daya kreativitas menulis mahasiswa yang belum terkondisikan dengan baik.


Kedua, harus diakui, sekalipun jumlah buku yang membahas kepenulisan sudah banyak, tetapi buku yang spesifik membahas penulisan sastra kreatif atau creative writing  sebagai mata kuliah masih jarang, buku-buku penulisan yang ada isinya belum mengarah pada hal filosofis-praktis, kebanyakan bersifat teoretis-sastra-menulis, dan buku-buku tersebut tidak disesuaikan dengan kebutuhan materi perkuliahan. Ditunjang, kenyataannya, waktu perkuliahan sangat terbatas, menjadi tidak mungkin untuk menerangkan seluruh materi dan praktik dalam penulisan sastra kreatif dari berbagai buku yang beragam persepsinya.


Maka kami sepakat untuk menulis buku ajar Penulisan Sastra Kreatif yang disusun dan didesain sesuai dengan  kebutuhan kreativitas dan dunia kehidupan sehari-hari mahasiswa sendiri. Buku ini diorientasikan untuk pengembangan kreativitas mahasiswa, jadi bersifat filosofis-praktis, yaitu mengolaborasikan dasar-dasar filosofi dan teori menulis dengan sastra dalam kajian-kajian yang praktis. Bisa langsung untuk diujicobakan dalam laboratorium kehidupan sehari-hari mahasiswa. Bahkan, bisa menjadi panduan untuk menulis secara intens. Implikasinya, mahasiswa pun menjadi lebih mudah mengerti, memahami, dan menerapkan konsep-konsepnya dalam berkreativitas menulis sastra.

Buku Tentang Penulisan Sastra Kreatif
Heru Kurniawan
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-979-756-818-4
Tahun terbit : 2012
Harga : Rp 44.800,00
Halaman : X+174
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penulisan Sastra Kreatif Heru Kurniawan
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/penulisan-sastra-kreatif-heru-kurniawan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.