Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan Mangara Tambunan

Posted by Belibuku.web.id Selasa, 22 Mei 2012 0 komentar



Buku Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan ini merupakan suatu hasil perjalanan kajian, penelitian, seminar dan lokakarya, dan berbagai pengalaman dari daerah di mana penulis mengambil bagian aktif. Sampai saat ini dirasakan masih sedikit buku-buku yang ditulis untuk menjawab pertanyaan dan langkah-langkah yang perlu diambil pemerintah nasional dan lokal (Propinsi, Kabupaten dan Kota) dalam mengisi program pembangunan lokal setelah desentralisasi diimplementasikan. Kerangka pikirnya adalah bagaimana daerah dapat mensukseskan pelaksanaan desentralisasi dan mampu mengambil keuntungan yang lebih besar dari globalisasi. Buku Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan ini  diharapkan dapat mengisi kekosongan literatur bagi peminat pembangunan ekonomi daerah.            
Prof. Robert Simanjuntak, Ph.D
(Guru Besar FE-UI)

Tanpa terasa, desentralisasi sudah berusia lebih dari 8 tahun dan dalam perjalanan yang tidak singkat tersebut masih banyak kekurangan yang membutuhkan perbaikan yang menyeluruh. Salah satu kelemahan desentralisasi yang belum sepenuhnya teratasi adalah kurang jelasnya hubungan antara desentralisasi fiskal dan pembangunan ekonomi daerah. Masih sangat terbatas inisiatif dan kebijakan ekonomi lokal yang dihasilkan oleh pemerintah daerah. Kondisi ini mungkin terjadi karena ketidakjelasan kewenangan antara pusat dan daerah, tetapi mungkin juga karena keterbatasan yang ada di pemerintah daerah.  Buku Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan yang ditulis oleh Prof. Managara Tambunan ini memberikan masukan yang jelas dan lengkap tentang bagaimana pemerintah daerah mulai menyusun strategi perekonomian lokalnya dengan berfokus pada sektor unggulan serta bertopang pada kekuatan usaha kecil dan menengah, dan mikro.  Amatlah tepat kalau buku ini bisa dianggap sebagai hadiah ulang tahun desentralisasi yang kedelapan.
Prof. Bambang Brojonegoro, Ph.D
(Guru Besar dan Mantan Dekan FE-UI)

Prof. Mangara Tambunan dalam buku Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan ini menawarkan pendekatan baru dalam pembangunan nasional. Dalam pendekatan itu, globalisasi dipandang sebagai kondisi yang harus dimanfaatkan secara baik oleh Pemda, yang pada saat ini telah memperoleh otonomi yang sudah sampai pada point of no return. Buku Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan ini penting dibaca oleh praktisi kebijakan publik maupun swasta serta mahasiswa pascasarjana yang tertarik isu-isu pembangunan.
Prof. Hermanto Siregar, Ph.D
(Guru Besar Ilmu Ekonomi & Wakil Rektor IPB)



Buku Tentang : Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan; Menggerakkan Kekuatan Lokal dalam Globalisasi Ekonomi
Penulis : Mangara Tambunan
Penerbit : Graha Ilmu Yogyakarta

ISBN : 978-979-756-568-8
Tahun terbit : 2009
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : xx+428
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menggagas Perubahan Pendekatan Pembangunan Mangara Tambunan
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/menggagas-perubahan-pendekatan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.