Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah Muhammad

Posted by Belibuku.web.id Minggu, 20 Mei 2012 0 komentar



Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah - Nilai-nilai moral dan religius dalam sistem ekonomi konvensional sering kali tidak memiliki wibawa dan nilai apa-apa, bahkan dianggap sebagai rintangan untuk mencapai tujuan-tujuan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Akibatnya, pembangunan ekonomi menghasilkan disorientasi nilai-nilai (moral dan religius), yang pada gilirannya menimbulkan depresi mental dan keterasingan diri.
Fenomena ini memunculkan kekhawatiran secara luas dikalangan ilmuwan yang berhaluan kritis. Mereka menyerukan perlunya rekonstruksi ilmu ekonomi baik pada tataran paradigmatis maupun pada tataran praktik dengan pendekatan multiparadigma.
Buku Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah ini merupakan karya yang tidak hanya mengelaborasi nestapa yang dimunculkan oleh kesalahan paradigma dalam ilmu ekonomi, tetapi juga menawarkan multiparadigma dalam merekonstruksi ilmu pengetahuan, seperti paradigma positivisme, paradigma Interpretivisme, paradigma kristisme, paradigma posmodernisme dan paradigma tauhid.
Paradigma yang disebut terakhir (Tauhid) merupakan formulasi sintesis dari berbagai sumber yang penulis didesain sedemikian rupa dalam menjadi sebuah paradigma dalam mengkonstruksi ilmu dan pengetahuan. Ia (tauhid) tidak lagi dipahami secara doktriner-normatif seperti yang terjadi selama ini, tetapi juga dapat diterjemahkan secara empiris-sosiologis dalam praktik ekonomi dan bisnis perbankan syari'ah.
Dalam praktik ekonomi, tauhid memiliki kekuatan transformatif untuk mempengaruhi dan  mengubah cara pandang individu terhadap hakekat dan tujuan serta fungsi dari kegiatan ekonomi. Tauhid dalam karya ini ditempatkan sebagai kerangka dasar dan referensi nilai-nilai etika dan moral dalam merumuskan ilmu ekonomi dan  dalam praktik (pembangunan ekonomi). Buku Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah ini  memetakan persoalan keilmuan baik pada tataran ontologi, epistemologi, metodologi maupun aksiologinya sehingga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman kepada akademisi (mahasiswa dan dosen), praktisi dan para peminat ilmu ekonomi syari'ah.


Buku Tentang : Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah
Penulis : Muhammad
Penerbit : Graha Ilmu Yogyakarta

ISBN : 978-979-756-419-3
Tahun terbit : 2008
Harga : Rp 42.800,00
Halaman : XII + 184
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah Muhammad
Ditulis oleh Belibuku.web.id
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bukutentang.blogspot.com/2012/05/paradigma-metodologi-aplikasi-ekonomi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih kunjungannya, jika tak berkeberatan silahkan tinggalkan jejak anda dengan berkomentar di sini..

ricky pratama support eva's blog - Original design by Bamz | Copyright of Buku Tentang.